Makanan Menjadi Banyak

Posted on June 14, 2008. Filed under: knowledge | Tags: , |

Salah satu mukjizat luar biasa yang membuktikan kenabian Rasulullah Salallahu Alaihi Wasalam adalah Allah Subhana Wa Ta’ala menjadikan keberkahan lewat tangan beliau Salallahu Alaihi Wasalam sehingga membawa manfaat bagi umatnya. Di antaranya yaitu sebuah kisah menakjubkan yang diceritakan oleh Abdurrahman bin Abu Bakar radhiyallahu anhu berikut ini:

Dahulu Rasulullah Salallahu Alaihi Wasalam bersama-sama dengan kita yang jumlahnya 130 orang. Rasulullah Salallahu Alaihi Wasalam bersabda: Apakah di antara kalian ada yang membawa makanan?

Kemudian, pada waktu itu ada seorang laki-laki yang membawa satu sha’ makanan atau seukurannya, maka dibuatlah adonan.

Lalu seorang laki-laki musyrik berambut panjang dan acak-acakan datang dengan membawa rombongan kambing yang digiringnya. Rasulullah Salallahu Alaihi Wasalam bersabda: “Apakah (kambingmu akan) dijual ataukah diberikan ataukah dihadiahkan?”

Orang tersebut menjawab: “Tidak, tetapi untuk dijual.” Maka Rasulullah Salallahu Alaihi Wasalam membeli seekor kambing darinya, lalu dibuatlah hidangan.

Rasulullah Salallahu Alaihi Wasalam memerintahkan mengambil hatinya untuk dipanggang. Demi Allah, tidaklah (terlewat) jumlah 130 orang kecuali telah mendapatkan bagian dari hati kambing itu. Orang yang hadir mendapatkan bagiannya dan yang tidak hadir dijatah untuknya. Kemudian beliau membaginya menjadi 2 nampan, maka kami semua makan dan kenyang, dan masih tersisa di dua nampan itu. Maka aku membawanya di atas onta. (HR Bukhari no. 5328 dalam kitab Ath’imah, Bab: Man Akala Hatta Syabi’a dan Muslim no. 5414 dalam kitab Ath’imah, Bab: Ikramudh-Dha’if, dan ini lafazh dari Bukhari).

Imam Nawawi rahimahullah berkata: “Di dalam hadits ini ada 2 mukjizat Rasulullah Salallahu Alaihi Wasalam yang nyata. Salah satunya ialah hati kambing (yang) menjadi banyak sehingga mencukupi banyak orang. Yang lain, (gandum) ukuran satu sha’ dan daging kambing menjadi banyak sampai mengenyangkan mereka semuanya, dan sisa makanan dibawa oleh mereka, karena di antara mereka tidak membutuhkannya lagi (syarah shahih Muslim, 14/17).

Peristiwa makanan menjadi banyak ini merupakan salah satu bukti kebenaran dari kenabian Rasulullah Salallahu Alaihi Wasalam. Hal ini tidak terjadi satu kali saja.

Al Qadhi ‘Iyadh rahimahullah berkata – tatkala menyampaikan hadits-hadits tentang keberkahan Rasulullah Salallahu Alaihi Wasalam, seperti makanan menjadi banyak dan makbulnya doa beliau – : “Dan sungguh telah berkumpul lebih dari puluhan sahabat dan sekelompok tabi’in yang meriwayatkan dari mereka, dan orang-orang yang sesudahnya; – dan kebanyakan – kisahnya sangat masyhur serta terjadi di tempat-tempat yang disaksikan orang banyak, maka tidak mungkin seseorang berkata tentangnya kecuali yang benar dan orang-orang yang tidak hadir tidak akan diam terhadap apa yang (perlu) diingkari dari kisah itu.”

Dikutip dari As Sunnah edisi 03/Tahun XII

Wallahu ‘alam bishawab

Make a Comment

Leave a comment

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...